Sunday, October 6, 2013

GRAVITY; Beautiful cinematic experience

Di angkasa luar tidak ada apa-apa, kalimat pembuka film ini akan mengingatkan kita akan sebuah fakta ilmiah yang tidak bisa dibantah; "life in space is impossible". Namun begitu bukan berarti manusia gak bisa pergi ke luar angkasa. Dr Ryan Stone (Sandra Bullock) adalah seorang bio-medical engineer yang baru pertama kali melakukan misi di luar angkasa. Ditemani Matt Kowalski (George Clooney) yang sudah berpengalaman, Ryan harus memperbaiki satelit Hubble Space Telescope yang mengalami gangguan. Ditengah proses perbaikan, mereka diperingatkan oleh mission control di Houston (suaranya Ed Harris) bahwa ada banyak puing-puing melaju ke arah mereka dengan kecepatan tinggi. Dengan kondisi tanpa gravitasi, bukanlah hal yang mudah untuk menyelamatkan diri. Premisnya memang cukup simpel dan tema survival atau berjuang untuk hidup sudah sangat sering diangkat oleh banyak film, lalu apa yang membedakan film ini dengan yang lain? Jawabannya akan Anda dapatkan setelah Anda menyaksikannya sendiri. Sutradara Alfonso Cuaron saya nobatkan sebagai salah satu sutradara favorit saya setelah ia menyelesaikan film Harry Potter and The Prisoner of Azakaban, hingga saat ini menurut saya itu adalah film Harry Potter terbaik dari semua film HP yang berjumlah total 8 jilid. Alfonso Cuaron menulis kisah film Gravity ini bersama anaknya Jonas Cuaron dengan budget $ 80 juta serta mulai produksinya tahun 2011 lalu. Film ini memiliki kelebihan dalam hal penyutradaraan, production design, visual effect dan yang paling juara yaitu sinematografi karya Emmanuel Lubezki. Untuk mengerti kelebihan-kelebihan yang saya maksud, tentu saja sekali lagi saya katakan Anda harus menyaksikannya sendiri. Saran saya, saksikan film ini di bioskop karena layarnya yang lebar, Anda tidak akan mendapatkan keindahan film ini dilayar televisi (apalagi tablet), jika ada budget lebih tontonlah versi 3Dnya, jika ingin mendapatkan efek yang maksimal saksikanlah di layar IMAX. Buat saya pribadi, menyaksikan Gravity sekali tidaklah cukup karena film ini memberikan pengalaman 'indah' yang ingin saya alami berulang kali. This is my most beautiful and thrilling cinematic experince since James Cameron's Avatar... bahkan James Cameron sendiri mengatakan bahwa Gravity adalah film yang hebat. Dan saya sangat setuju.

It scores 9 outta 10!

No comments: