Friday, February 6, 2015

Project Almanac; time travel to party


Kisah time travel selalu menarik perhatian saya, yang paling memorable buat saya pribadi tentu saja Back To The Future, bahkan seri The Terminator, Bill & Ted Excellent Adventure dan Looper dijadikan semacam acuan dalam film berjudul Project Almanac karya sutradara pemula Dean Israelite. David Raskin (Jonny Weston) adalah seorang pemuda pintar yang ingin kuliah MIT setelah lulus SMU, agar bisa mendapat beasiswa ia mencoba mempresentasikan inovasi yang ia buat dalam bentuk video. So.. semua tampilan di film ini muncul dengan konsep found footage. Sebuah blue print milik ayah David ditemukan di basement dan ternyata blue print ini merupakan petunjuk untuk membuat sebuah mesin waktu, maka mulailah David dan kawan-kawannya merakit mesin tersebut yang ujung-ujung nanti akan merubah kehidupan mereka.


Bila film acuan yang saya sebutkan tadi termasuk bagus, maka hal yang sama tidak bisa dikatakan untuk film Project Almanac. Sebenarnya premisnya menjanjikan dan paruh pertama film ini menurut saya sangat lumayan, hanya saja penulis Andrew Deutschman dan Jason Pagan tidak bisa mempertahankan kualitas cerita dipertengahan hingga akhir sehingga membuat saya kebosanan. Apa yang Anda lakukan bila punya mesin waktu dan bisa kembali ke masa lalu? Well.. berhubung film ini diproduksi MTV Films maka jawaban yang ditawarkan adalah nonton konser yang terlewatkan, ikut lotere dan menggunakan kesempatan yang pernah digagalkan untuk mendapatkan gadis idaman. Berhubung mereka masih SMU, alasan-alasan itu cukup logis namun efek samping time travel kurang dibahas secara optimal seperti di film The Butterfly Effect. Overall tidak ada yang istimewa dari film yang diproduseri oleh Michael Bay ini dan seandainya saya punya mesin waktu maka saya akan kembali dan mengurungkan niat saya untuk nonton film ini..

It scores 4 outta 10!

No comments: