Wednesday, December 10, 2014

Exodus: an epic tale of Gods and Kings

Saya rasa semua orang tahu tentang kisah nabi Musa karena hampir semua agama menceritakan kisah ini sebagai bagian dari pembelajaran akhlak dan salah satu perubahan signifikan yang pernah terjadi dalam kehidupan manusia. Film Exodus: Gods and Kings karya sutradara Ridley Scott ini juga menceritakan tentang kisah nabi Musa dalam membebaskan kaum Yahudi dari perbudakan yang dilakukan raja Firaun, hanya saja ada beberapa perbedaan yang menarik terutama jika dibandingkan dengan film versi Cecil B. DeMille yang berjudul The Ten Commandments.

Meskipun keotentikan kisahnya diragukan (jika merefer pada kitab suci), film ini menawarkan visualisasi yang luar biasa indah dan detail dengan production design yang memukau serta terlihat tidak main main. Durasi 2,5 jam sebenarnya terasa tidak cukup dalam menceritakan kisah nabi Musa, itu sebabnya saya merasa ada kekurangan dalam pendalaman karakter Moses (Christian Bale) dan Ramses (Joel Edgerton). Mungkin nanti pada saat rilis dalam bentuk home video saya bisa menikmati versi final cut nya yang berdurasi 4 jam. Ridley Scott memberikan gambaran 'logis' tentang beberapa event yang terjadi dalam kisah ini, seperti wabah yang terjadi di Mesir yang disebabkan oleh bianatang dan terbelahnya laut merah bukan karena nabi Musa menghentakkan tongkatnya tapi karena adanya Tsunami yang membuat laut menjadi surut sementara. Overall.. film ini adalah film yang indah dalam visualisasi meskipun tidak sehebat film Gladiator dan The Ten Commandments. Dan film ink wajib Anda saksikan di layar lebar selebar mungkin yang bisa Anda temukan demi merasakan sensasinya.

It scores 8 outta 10!


Posted via Blogaway

2 comments:

Anonymous said...

well kl mnurut gue sih, ini film cm kena rating... 2.5 dr 5 lah. emg efek dan visualnya oke, tp gue ngerasa 2 jm lbh duduk dibioskop itu nyebelin dan ga worth it krn sm skali ga seru kyk yg gue kira pas liat trailernya ahahahha. apalagi gue ngarep kl Moses bakal ngayunin tongkatnya buat bikin bencana (10 tulah) atas nama Tuhan, ya sesuai lah sm alkitab. jd, ini film far from my expectation....

Agung Priantoro said...

Banyak orang merasakan hal yg sama, we grew up with the same old story.. kisah tentang nabi harus melibatkan mukjizat dan hal itulah yg membuat kisah mereka menarik. Sialnya hal itu gak muncul di film ini, semuanya dibikin logis dan membumi. Klo superhero kayak The Dark Knight dibikin membumi sih oke and i like it karena mereka hanya rekaan.. tapi klo kisah para nabi yg pernah hidup dizaman dulu saya sangat mengharapkan kemunculan mukjizatnya karena itu yg membedakan mereka dengan kita manusia biasa. Seperti komentar saya diatas, film ini memang indah utk dilihat tapi tidak utk direnungkan layaknya film The Ten Commandments.. and i really enjoyed the visuals.. :))