Friday, April 10, 2015

Kidnapping Freddy Heineken; delayed ransom

Film ini diangkat dari kisah nyata tentang penculikan seorang pengusaha minuman bir (salah satu yang) paling terkenal di Eropa, Freddy Heineken yang diperankan oleh Sir Anthony Hopkins. Bersetting di Belanda tahun 1983, 5 orang pemuda,  Cor (Jim Sturgess), Willem (Sam Worthington), Cat (Ryan Kwanten), Brakes (Thomas Cocquerel) dan Spikes (Mark Van Euwen) kehilangan pekerjaannya karena perusahaan yang bangkrut, demi memenuhi kebutuhan mereka akhirnya diputuskan untuk melakukan sebuah penculikan agar mereka tidak perlu lagi merengek ke Bank untuk diberi pinjaman. Targetnya adalah Freddy Heineken, orang yang paling kaya di Belanda pada saat itu. Rencana disiapkan dengan matang agar tidak terlihat amatiran, sebagai modal awal mereka merampok bank untuk membiayai penculikan. Semuanya berjalan lancar hingga tebusan dibayarkan dan semua jadi berantakan.


The story is intriguing.. Tapi hasil akhir film yang disutradarai Daniel Alfredson ini menurut saya mengecewakan. Dari semua tokoh yang muncul di film ini tidak ada satupun yang mendapat pendalaman karakter dengan baik. Kita akan tahu hal (teknis) apa saja yang dilakukan Cor dkk dalam melakukan penculikan, namun muncul pertanyaan dikepala saya, siapa sih Cor dkk ini?  Dan yang lebih penting lagi, siapa sih Freddy Heineken? Semua pertanyaan (penting) itu tidak terjawab di film ini, saya mendapatkan jawabannya dari mbah Google karena kejadian ini menjadi sorotan banyak media di Eropa pada saat itu. Satu hal yang menarik perhatian saya adalah performa Anthony Hopkins yang gemilang, menurut saya sih dia tampil luar biasa dalam film yang salah. Film ini punya potensi menjadi tontonan yang seru seandainya di eksekusi dengan tepat, tapi sayangnya yang saya dapatkan malah rasa bosan...

It scores 5 outta 10!


No comments: